4/15/2012

Makanan Khas Aceh, Ayam Tangkap

Orang Aceh paling sering duduk di warung-warung kopi, sambil menimati goreng pisang para penduduk, biasanya pria, meminum kopi Aceh yang terkenal itu. Kopi Aceh memang terkenal, bahkan sampai mancanegara. Ada orang yang sengaja ke Aceh hanya sekedar untuk meminum atau membeli kopi Aceh. Selain meminum kopi, makanan yang enak di Aceh adalah Mie Aceh, Nasi Goreng Aceh dan lain-lain.
Pada zaman dahulu, bahkan ada sampai sekarang, masyarakat aceh memasak dengan sebuah tungku api besar. Wajannya juga besar. Biasanya pekerjaan tersebut dikerjakan oleh kaum perempuan.
Sebuah rumah makan di Aceh biasanya mirip dengan rumah makan Padangh, apa yang dimakan, itu yang dibayar, namun semua makanan disajikan semuanya diatas meja. Dari sekian banyak jenis makanan di menu, yang paling favorit dan khas dari restaurant adalah Ayam Tangkap nya. Ayam goreng yang sangat kering yang digoreng kering bersama cabe hijau India dan daun-daun bambu, daun jeruk, daun temuruy, dan daunnya bisa dimakan.. krekessss....krekes.... yummy.... yummy...Karena sangat kering, ayam tangkap tahan beberapa hari, sehingga orang-orang banyak datang ke restauran untuk membelinya sebagai oleh-oleh khas Aceh dalam box khusus.
Makanan ayam tangkap ini sangat lezat untuk dimakan dengan sepiring nasi. Biasanya dimakan untuk makan siang atau makan malam.
Ayam tangkap merupakan makanan Aceh yang terkenal lainnya adalah Gulai Kari Aceh yang encer, agak asam sedikit dan potongan dagingnya agak besar dan sedikit berlemak. Kemudian ada Asam Udang, campuran cacahan udang yang diberi asam, rawit dan bawang merah, rasanya agak sedikit asam, segar dan yang jelas enak sekali.

0 komentar:

Poskan Komentar

Tinggalkan pesan anda


Online form powered by 123ContactForm.com | Report abuse

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons