4/15/2012

Tempat Wisata di Jawa Tengah


Jawa Tengah memiliki banyak obyek wisata yang sangat menarik. Puri Maerokoco (Taman Mini Jawa Tengah) dan Museum Rekor Indonesia (MURI) terdapat di Kota Semarang.
Jika mengunjungi Kabupaten Magelang, terdapat monumen Budha terbesar di dunia yang dibangun pada abad ke-9. Monumen itu bernama Candi Borobudur. Selain candi Borobudur, di komplek ini juga terdapat Candi Mendut dan Candi Pawon.

Di kawasan Dieng terdapat kelompok candi-candi Hindu, yang diduga dibangun sebelum era Mataram Kuno. Komplek Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Selain itu, di Jawa Tengah terdapat Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan nama Kota Solo. Di kota ini terdapat Keraton Kasunanan dan Pura Mangkunegaran.

Tempat wisata menarik lainnya di Jawa Tengah adalah air terjun Grojogan Sewu dan candi-candi peninggalan Majapahit di Kabupaten Karanganyar, serta Museum Fosil Sangiran yang terletak di jalur Solo – Purwodadi.

Di bagian selatan Jawa Tengah juga terdapat berbagai tempat wisata, seperti Goa Jatijajar dan Pantai Karangbolong di Kabupaten Kebumen, serta Baturraden di Kabupaten Banyumas. Di sebelah utara Jawa Tengah terdapat wisata guci di lereng Gunung Slamet, Tegal, serta Kota Pekalongan yang terkenal dengan julukan Kota Batik.

Selain itu, di Jawa Tengah juga memiliki wisata religius. Masjid Agung Demak yang didirikan pada abad ke-16 merupakan bangunan dengan paduan arsitektur Islam dan Hindu. Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Di provinsi ini juga terdapat 3 makam wali songo, yakni Sunan Kalijaga di Demak, Sunan Kudus di Kota Kudus, dan Sunan Muria di Kabupaten Kudus.


Wisata Alam di Jawa Tengah
Ada sebuah tempat tujuan wisata yang sangat terkenal di dekat Kota Purwokerto, yaitu Baturaden. Baturaden terletak tepat di lereng sebelah selatan Gunung Slamet.  Karena letaknya di lereng gunung, maka daerah ini berhawa sejuk dan dingin.

Di daerah pantai selatan Gombong, terdapat objek wisata Karang Bolong. Berbeda dengan Karang Bolong yang ada di Jawa Barat, karang di Gombong ini menjadi bolong karena buatan manusia. Ini karena di daerah Gombong terkenal dengan industri sarang burung waletnya. Karena banyaknya burung walet di sana, maka dibuatlah sarang burung buatan seperti di karang.



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan anda


Online form powered by 123ContactForm.com | Report abuse

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons