4/15/2012

Dongeng Legenda Asal Usul Danau Toba


Pada jaman dahulu, hiduplah seorang pemuda tani yatim piatu di bagian utara pulau Sumatra. Daerah tersebut sangatlah kering. Pemuda itu hidup dari bertani dan memancing ikan. Pada suatu hari ia memancing seekor ikan yang sangat indah. Warnanya kuning keemasan. Begitu dipegangnya, ikan tersebut berubah menjadi seorang putri jelita. Putri itu adalah wanita yang dikutuk karena melanggar suatu larangan. Ia akan berubah menjadi sejenis mahluk yang pertama menyentuhnya. Oleh karena yang menyentuhnya manusia, maka ia berubah menjadi seorang putri.

Terpesona oleh kecantikannya, maka pemuda tani tersebut meminta sang putri untuk menjadi isterinya. Lamaran tersebut diterima dengan syarat bahwa pemuda itu tidak akan menceritakan asal-usulnya yang berasal dari ikan. Pemuda tani itu menyanggupi syarat tersebut. Setelah setahun, pasangan suami istri tersebut dikarunia seorang anak laki-laki. Ia mempunyai kebiasaan buruk yaitu tidak pernah kenyang. Ia makan semua makanan yang ada.
Pada suatu hari anak itu memakan semua makanan dari orang tuanya. Pemuda itu sangat jengkelnya berkata "dasar anak keturunan ikan!". Pernyataan itu dengan sendirinya membuka rahasia dari isterinya. Dengan demikian janji mereka telah dilanggar.
Istri dan anaknya menghilang secara gaib. Ditanah bekas pijakan mereka menyemburlah mata air. Air yang mengalir dari mata air tersebut makin lama makin besar. Dan menjadi sebuah danau yang sangat luas. Danau itu kini bernama Danau Toba





Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Sumatera Utara
(ogi/Carapedia)


Pencarian Terbaru (39)
Cerita asal usul danau toba. Cerita rakyat asal usul danau toba. Dongeng bahasa jawa. Dongeng legenda. Dongeng asal usul. Legenda danau toba dalam bahasa jawa. Asal usul danau toba bahasa jawa.
Cerita danau toba dalam bahasa jawa. Legenda danau toba versi bahasa jawa. Dongeng legenda danau toba. Asal mula danau toba dalam bahasa jawa. Dongeng bahasa jawa danau toba. Asal usul danau toba dalam bahasa jawa. Dongeng bahasa jawa asal usule.
Legendha daerah. Legenda danau toba bahasa jawa html. Dongeng danau toba versi bahasa jawa. Contoh legenda basa jawa danau toba. Dongeng danau toba dalam bahasa jawa. Dongeng legenda dalam bahasa jawa. Cerita danau toba versi bahasa jawa.
Legenda danau toba versi basa jawa. Dongeng legenda danau toba menggunakan bahasa jawa. Asal usul danau toba memakai bahasa jawa. Legenda berbahasa jawa. Cerita asal usul danau toba di sumatrah. Cerita rakyat berbahasa jawa danau toba. Taks cerita.
Cerita rakyat asal usul danau toba bahasa jawa. Asal usul danau toba versi dongeng. Dongeng legenda danau toba bahasa jawa. Legenda dan mitos danau toba. Asal mula danau toba is. Dongeng dongeng legenda. Contoh asal mula danau toba.
Taks cerita asal usul danau toba. Asal usul danau toba basa jawa. Cerita rakyat asal mula danau toba berbahasa jawa. Dongeng dalam bahasa jawa.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan anda


Online form powered by 123ContactForm.com | Report abuse

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons