4/15/2012

Wisata Candi Mendut


 
 
 
 
Candi Mendut adalah salah satu candi Buddha yang ada di Indonesia. Pada saat perayaan upacara Waisak pada purnama sidi bulan Mei setiap tahunnya, Candi Mendut juga ramai dikunjungi umat Buddha.  Lokasi candi Mendut adalah sekitar 2 km dari Candi Borobudur. Candi ini dibangun oleh raja pertama dari Wangsa Syailendra yang bernama Raja Indra. Usia Candi Mendut lebih tua bila dibandingkan dengan Candi Borobudur. Candi Mendut ini berbentuk persegi empat yang memiliki ruang diatas teras bertangga. Diatas ruang persegi empat tersebut juga terdapat atap yang bertingkat - tingkat dimana pada setiap tingkatnya terdapat banyak stupa.
 
Wisata Candi Mendut merupakan wisata sejarah yang sangat menyenangkan. Biasanya wisatawan yang akan atau dari mengunjungi Candi Borobudur akan menyempatkan diri untuk mampir mengunjungi Candi mendut yang memang lokasing berdekatan. Suasana di sekitar Candi Mendut yang asri dan adem serta lingkungan candi yang bersih membuat area Candi Mendut sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk berfoto - foto. Selain itu, karena Candi Mendut merupakan sebuah candi yang tidak terlalu besar sehingga jumlah pengunjungnya juga tidak terlalu banyak. Jadi kita bisa lebih merasa nyaman di lokasi ini.
 
Candi yang terletak di desa Mendut, Mungkid, Magelang ini dipercaya merupakan salah satu candi yang bertuah. Ini terbukti dari banyaknya pasangan suami istri yang telah menikah lama namun belum dikaruniani anak yang datang mengunjungi candi Mendut ini untuk meminta berkah kepada Dewi Kesuburan supaya segera dikaruniai anak. Selain itu, kita juga bisa menemukan sebuah prasasti yang didalamnya ditulis dengan bahasa Jepang. Konon menurut masyarakat setempat dulu pernah ada orang Jepang yang berdoa minta kesembuhan atas penyakit lumpuh yang telah lama dideritanya. Kemudian ternyata orang Jepang tersebut benar - benar sembuh total dari sakit lumpuhnya. Sehingga saat orang Jepang tersebut kembali mengunjungi Candi Mendut, dia membangun prasasti yang diletakkan di luar pagar Candi Mendut ini. 
 
Akses menuju Candi Mendut ini sangatlah mudah. Pada saat kita menuju ke Candi Borobudur, kita pasti melewati Candi Mendut ini. Petunjuk papan nama candi yang sangat jelas membuat kita tidak akan kesulitan menemukan Candi Mendut ini. Bila kita amati, relief yang mengelilingi Candi Mendut ini merupakan relief Hariti. Hariti adalag seorang raksasa yang sangat gemar memakan anak - anak. Sampai akhirnya dia bertemu dengan Sang Buddha dan kemudian akhirnya dia pun bertaubat dan berubah menjadi sosok penyayang anak - anak. Sehingga paada relief - relief di Candi Mendut ini terlihat dengan jelas seorang Hariti yang duduk sambil memangku anak. Mungkin hal inilah yang mendorong banyak pasangan datang kesini untuk memohon diberi momongan.  


0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan anda


Online form powered by 123ContactForm.com | Report abuse

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons