4/15/2012

Macam-Macam Makanan Khas Jawa Tengah


Daerah-daerah di Jawa Tengah terkenal dengan makanannya yang enak-enak. Ada tahu petis dari Semarang. Tahu petis adalah tahu goreng yang dimakan dengan saus yang berwarna hitam atau petis. Ada pula telur asin yang terkenal dari Brebes. Telur asin adalah telur itik yang diawetkan dengan cara diasinkan.

Di daerah Pati terdapat makanan yang dikenal dengan nama nasi gandul. Nasi gandul adalah makanan sejenis nasi pindang yang penyajiannya menggunakan daun pisang. Nasi gandul bisa disajikan dengan lauk pauk yang berbeda.

Di daerah Banyumas dan Purwokerto terkenal dengan tempe mendoannya. Mendoan sendiri berarti memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak matang benar.

Lain lagi dengan Kota Solo. Di kota ini terkenal dengan nasi liwetnya. Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa, dan disajikan dengan sayur labu siam, daging ayam yang dipotong kecil-kecil serta areh 9bumbu gurih dari kelapa).

Di daerah Tegal, Slawi, Pemalang, dan Brebes banyak ditemui teh poci. Teh poci adalah teh yang diseduh dalam poci dari tanah liat dan ditambah dengan gula batu. Minum teh poci lebih nikmat jika masih panas.

Selain itu, ada pula nasi becek dari Purwodadi, buntil dari Banjarnegara, nasi garang asem dari Demak, rondo royal atau tape goreng dari Jepara, ayam goreng kalasan dari Klaten, soto ayam dari Kudus, lanting dari Purworejo, ting-ting gepuk dari Salatiga, mie ongklok dari Wonosobo, serta sate kempleng dari Ungaran.



Sumber:
Serial Salam Sahabat Nusantara Jawa Tengah

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan pesan anda


Online form powered by 123ContactForm.com | Report abuse

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons